Kabar Kantor Wilayah

Indeks Berita Kantor Wilayah Kementerian Hukum Republik Indonesia

Kanwil Kemenkum Sumbar ikuti FGD Tata Cara Evaluasi dan Pemantauan Pembangunan Zona Integritas Menuju WBK dan WBBM Tahun 2025

1

Padang - Dalam rangka pelaksanaan evaluasi dan pemantauan Pembangunan Zona Integritas Menuju WBK dan WBBM pada Satuan Kerja di Lingkungan Kementerian Hukum Tahun 2025, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum beserta jajaran mengikuti Kegiatan Forum Grup Discussion (FGD) Persiapan Evaluasi dan Penyampaian Petunjuk Teknis Tata Cara Pelaksanaan Evaluasi dan Pemantauan Pembangunan Zona Integritas Menuju WBK dan WBBM pada Satuan Kerja di Lingkungan Kementerian Hukum Tahun 2025 yang diadakan oleh Inspektorat Jenderal Kementerian Hukum, Kamis (06/03).

2

Transformasi reformasi birokrasi digital adalah upaya pemerintah untuk meningkatkan kualitas layanan publik dengan menggunakan teknologi digital. Reformasi birokrasi akan difokuskan pada implementasi transformasi digital untuk mewujudkan Human-Based Public Governance dengan mengembangkan Digital Capability, Digital Culture, Digital Organization/Digital Structure, Digital Process, Digital Infrastructure, Digital Services.

3

Dalam tranformasi birokrasi pada Era Digital, tentunya terdapat beberapa tantangan seperti masih ada Sebagian instansi pemerintah masih kental silo mentally, sehingga menghambat proses kolaborasi, belum terbangunnya iklim yang mendorong inovasi pada birokrasi, struktur organisasi pemerintah yang masih gemuk, silo, lebih menitikberatkan pada tugas fungsi kaku dan tidak fleksibel, proses layanan pemerintah yang masih didesign secara analog belum digital by design, masih adanya kesenjangan infrastuktur digital (keamanan, data arsitektur, jaringan internet) serta belum terpenuhinya kecukupan digital talent dan literasi digital ASN.

4

Zona Integritas merupakan bagian dari strategi pencapaian Reformasi Birokrasi. Dalam Pembangunan Zona Integritas diperlukan strategi-strategi yaitu:

  1. Menciptakan kemudahan pelayanan kecepatan, dan transparansi pelayanan bagi Masyarakat atau pengguna layanan berbentuk inovasi pelayanan publik dari Kantor Wilayah Kementerian Hukum Sumatera Barat;
  2. Membangun komitmen nyata dan semangat perubahan yang besar dari level pimpinan tertinggi hingga seluruh jajaran;
  3. Menciptakan program-program yang menyentuh masyarakat, yaitu program mampu menjawab kebutuhan dan mendekatkan unit kerja pada masyarakat atau pengguna layanan;
  4. Melaksanakan monitoring secara konsisten dan berkelanjutan terhadap pelaksanan ZI dan;
  5. Menetapkan strategi komunikasi publik terbaik untuk meastikan bahwa setiap perubahan yang dilakukan telah diketahui dan tersampaikan (delivered) kepada Masyarakat.

5

Pembangunan ZI menjadi sangat penting karena merupakan profil dari pimpinan serta dari Kementerian. (Humas Kemenkum Sumbar)

logo besar kuning
 
KEMENTERIAN HUKUM
KANTOR WILAYAH SUMATERA BARAT
PikPng.com school icon png 2780725    Jl. S. Parman No 256 Padang, Sumatera Barat  
PikPng.com phone icon png 604605    (0751) 7055471
PikPng.com email png 581646   Email Kehumasan
    kanwilsumbar@kemenkum.go.id
PikPng.com email png 581646   Email Pengaduan
    kanwilsumbar@kemenkum.go.id

 

facebook kemenkumham   twitter kemenkumham   instagram kemenkumham   linked in kemenkumham   Youtube kemenkumham   rss kemenkumham
logo besar kuning
 
KANWIL KEMENKUMHAM
PROVINSI SUMATERA BARAT


      linked in kemenkumham   Youtube kemenkumham   rss kemenkumham

  Jl. S. Parman No 256 Padang, Sumatera Barat 
 

(0751) 7055471 / (0751) 7055510

  kanwilsumbar@kemenkum.go.id

Copyright © Pusat Data dan Teknologi Informasi
Kemenkum RI